Tips Penting Sebelum Olahraga Lari

Lari merupakan jenis olahraga yang kini semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tentu saja olahraga lari sangat mudah dilakukan dimana saja dan tidak membutuhkan biaya. Bagi anda yang gemar berlari maka dapat memperoleh beragam manfaat dari lari antara lain melancarkan aliran darah, meningkatkan kesehatan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

Meskipun dianggap mudah dan cukup sederhana, namun sebelum anda melakukan olahraga lari maka ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan. Bila anda sembarang melakukan olahraga tersebut maka bisa berdampak kurang bagus pada tubuh anda. Untuk itulah Nestle memiliki beberapa tips penting yang perlu anda perhatikan sebelum lari diantaranya sebagai berikut.

olahraga lari
olahraga lari

1. Hindari Makan Terlalu Banyak

Olahraga lari memang membutuhkan banyak energi yang bisa bisa anda penuhi dengan makan makanan yang mengandung karbohidrat. Namun makan makanan dalam jumlah banyak sebelum berlari ternyata sangat tidak dianjurkan. Saat anda berlari maka proses pencernaan akan berjalan lebih lambat dan aliran darah menuju sistem gastrointestinal menjadi dialihkan ke otot untuk olahraga. Hal ini membuat makanan tidak bisa dicerna secara normal dan bisa menimbulkan kram/

2. Pemanasan dan Pendinginan

Pastikan anda melakukan pemanasan sebelum olahraga untuk membawa detak jantung dari kecepatan normal ke detak jantung latihan. Selain itu dalam pemanasan ini otot bagian bawah atau tungkai menjadi fokus yang terpenting. Sesudah berlari, lakukan pendinginan dan peregangan untuk menurunkan resiko cedera, rasa pegal dan meningkatkan kelenturan.

3. Kenali Lintasan

Kenalilah lintasan lari yang akan anda tempuh untuk mengantisipasi berbagai hal dan mempersiapkan diri anda dalam menghadapi berbagai kondisi lintasan lari.

4. Pastikan Minum yang Cukup

Sebelum berlari, pastikan kebutuhan cairan anda tercukupi dan jika anda akan berlari lebih dari 45 menit maka persiapkan botol minuman supaya tubuh tetap terhidrasi selama berlari. Namun jangan sampai berlebihan saat minum karena akan membuat gerakan menjadi lambat dan muncul rasa kembung pada perut.

5. Pakaian dan Sepatu untuk Lari

Sebelum berlari sebaiknya persiapkan pakaian senyaman mungkin dengan memilih pakaian yang menyerap keringat, tidak terlalu ketat serta berpori. Pilihlah sepatu yang khusus untuk lari agar kaki anda terasa nyaman dan tidak menimbulkan cidera.

Demikianlah penjelasan mengenai tips penting sebelum berolahraga lari yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda membutuhkan informasi seputar lari ataupun olahraga lainnya maka silakan kunjungi website Nestle yang menyediakan beragam informasi yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s